APRESIASI SENI KRIYA

 Pengertian Apresiasi, Seni kriya sebagai seni terapan, & syarat penciptaan karya seni kryia


1. Pengertian Apresiasi
     Apresiasi artinya penilaian atau penghargaan,jadi apresiasi seni kriya adalah penilaian atau penghargaan terhadap karya karya seni kriya.
    Seni kriya atau kerajinan adalah kegiatan berkarya dengan menggunakan keterampilan tangan menghasilkan benda benda yang berguna bagi kepetingan manusi. pengertian diatas berkaitan dengan seni kriya tradisi yang menempatkan pengrajin atau karyawan pada kedudukan  sebagai produsen karya seni yang sederhana dalam proses penciptaannya dalam perkembangan selanjutnya terjadi perubahan mendasar dengan menggunakannya alat alat dari mesin yang membawa perubahan positif terhadap karya seni kriya.

2. Seni kriya sebagai seni terapan
    Benda seni kriya sebagai salah satu karya seni rupa terapan memiliki sekaligus nilai kegunaan dan nilai keindahan atau ekspresi. hal ini disebabkan karena sebagai bemda pakai karya seni kriya harus mampu memahami kebutuhan hidup manusia sehari hari dan di tuntut menampilkan aspek keindahannya.

3. Syarat penciptaan karya seni kriya
    untuk menciptakan karya seni kriya yang layak dan bermutu maka seorang kriawan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  a. syarat kegunaan (utility)
      agar nilai kegunaan benda kria tersebut terpenuhi maka penciptaan karya seni kriya tersebut harus mempertimbangkan faktor faktor sebagai brikut
       - kenyamanan ( comfortable)
       - keluwesan ( flexibility)
       - keamanan (security)
   b. syarat keindahan ( estetika )
       nilai kegunaan yang terdapat pada sebuah benda, belumlah lengkap bilamana tidak dilengkapui unsur keindahan karena sebelum mempergunakan sebuah benda, seseorang akan tentuntya tertarik pada nilai keindahan yang terpancar dari benda tersebut yang menyebabkan timbulnya dorongan untuk memilikinya, karena timbul rasa kepuasan tersendiri.

Komentar